Sekilas Islamic Finance Company

Islamic finance company merupakan sebuah perusahaan atau lembaga pembiayaan syariah yang berdasarkan islam. Jika disekat berdasarkan kata per kata, maka bisa disimpilan seperti islamic merupakan arti yang sama dengan islam. Islam merupakan agama yang banyak dianut dan agama islam ini sangat banyak penduduknya di arab saudi atau saudi arabia. Agama islam sendiri juga banyak menyebar di berbagai negara. Di Indonesia sendiri, agama islam juga banyak penganutnya. Meskipun di Indonesia ada banyak orang yang juga mengantut agama yang lain selain islam. Lalu finance memiliki arti seperti serangkaian tindakan yang terorganisir dalam pengelolaan sumber dana atau sumber keuangan. Sedangkan company merupakan perusahaan induk atau perusahaan utama yang membawahi beberapa perusahaan perusahaan yang ada dan tergabung di dalam satu grup perusahaan. Perusahaan induk ini memiliki peran yang besar bagi perusahaan yang ada di grupnya.

 

Berdasarkan pengertian di atas, maka bisa disimpulkan bahwa Islamic finance company merupakan suatu perusahaan utama yang didalamnya melakukan sistem pembiayaan syariah. Prusahaan pembiayaan merupakan badan usaha di luar bank dan lembaga keunagan yang bukan termasuk bank dan khusus didirikan untuk kegiatan usaha. Jadi, perusahaan pembiayaan ini bisa disimpukan bahwa perusahaan ini dibuat untuk kepentingan usaha. Islamic finance sendiri merupakan perusahaan keuangan yang menerapkan segala bentuk proses keuangan dengan berdasarkan syariat islam yang berlaku (sesuai dengan ajaran islam yang ada).

 

Islamic finance company berlaku dengan menerapkan pembiayaan syariah dan pelaksanaan kegiatan perusahaan pembiayaan syariah ini harus menyalurkan dananya bedasarkan prinsip syariah yang ada. semua jenis usaha yang ada di dalam Pembiayaan perusahaan syariah ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan perusahaan konvensional dan semua jenis kegiatan usaha pembiayaan syariah ini harus sesuai dengan ajaran islam yang berlaku dan terbebas dari unsur riba, bebas dari unsur haram dan juga bebas dari gharar. Oleh karena itu, perusahaan pembiayaan syariah ini harus diatur dengan baik dan juga memilki atruan yang jelas sesuai dengan hukum islam yang berlaku.